Kamis, 22 September 2016

Mari kenali dirimu lebih jauh^_^

SELF-CONCEPT

Hallo semua selamat pagi ,  semoga hari ini jauh lebih baik dari hari sebelumnya ya :) 
kali ini aku akan menulis seperti apa sih self-concept diri aku , bagaimana pemahaman orang lain tentang aku. so selamat membaca ..

Apa itu konsep diri ?
konsep diri merupakan sesuatu yang dibentuk, bukan ada secara otomatis, seiring dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan individu. Oleh karenanya, pembentukan konsep diri berkaitan erat dengan lingkungan dimana individu hidup dan beraktivitas. Dengan kata lain, lingkungan berpengaruh besar terhadap pembentukan konsep diri.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/atonimeto/pentingnya-konsep-diri_54f5f32fa33311d87c8b4701
Konsep diri merupakan sesuatu yang dibentuk, bukan ada secara otomatis, tetapi ada seiring dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan individu. Serta faktor lingkunganlah yang berpengaruh cukup besar didalamnya. 



saya adalah seorang yang ..
1. pemaaf 
2. dewasa 
3. dapat dipercaya 
4. terbuka 
5. bersahabat 
6. penolong 
7. peka 

8. selalu instropeksi 

diatas adalah beberapa sifat positif yang dapat saya rasakan yang ada pada diri saya. 
mengapa saya dapat menyebutkan " pemaaf  " dalam dunia social saya beberapa kali mempunyai masalah dengan lawan mainnya saya, bermusuhan adalah hal wajar untuk orang-orang yang saling beriteraksi dengan orang lain. Disini saya pribadi , tidak dapat marah dengan orang lain dengan jangka waktu yang lama . 
" dewasa " dewasa yang seperti apa saya?  saya selalu menyikapi masalah dengan tenang, karna pada dasarnya, pengalamanlah yang sekarang mendewasakan saya . Dewasa dalam artian mampu berfikir dan bertindak dengan penuh pertimbangan, serta mengerti baik dan buruknya apa yang dilakukan. 
" dapat dipercaya " ya tentu, saya adalah salah seorang yang dapat anda percayai, karna menurut saya kepercayaan dari seseorang adalah segalanya. 
" terbuka " saya selalu terbuka dengan siapapun baik teman, sahabat serta keluarga. saya bukan termasuk orang yang dapat menutupi apapun dari orang lain. Menjadi diri sendiri termasuk jenis manusia terbuka. yes, be yourself..!
" bersahabat " ya saya adalah manusia yang suka bersahabat dengan banyak orang, tidak pernah memandang siapa dia, kaya atau miskin, laki-laki atau perempuan dan lain sebagainya. meskipun saya tergolong orang yang mudah bersahabat tetapi saya tetap mencari  atau bergaul dengan orang-orang yang dapat menciptakan pengaruh positif di hidup saya. 
" penolong " jujur saya tidak bisa diam melihat orang yang sedang membutuhkan pertolongan saya, baik itu pertolongan besar atau kecil. Baik itu teman atau orang lain, prinsip saya selagi kita bisa menolong banyak orang , kenapa tidak ? toh, kita juga akan butuh pertolongan orang lain kan?! so, jadilah orang yang mempunyai jiwa saling tolong menolong antar sesama.
" peka " peka dalam artian mampu mengerti apa yang harus dilakukan, kepekaan dalam interaksi dengan banyak orang adalah hal yang penting.
" selalu instrofeksi " saya selalu cenderung menginstrofeksi atas kesalahan yang saya perbuat. manusia yang tergolong suka mengintrofeksi dirinya cenderung selalu lebih baik dari orang lain. karena ia belajar dari kesalahan sebelumnya .


sifat Negatif yang saya temukan dalam diri saya adalah ..
1. Moody
2. pemalas 
3. tidak percaya diri
4. keras kepala
5. mudah gugup
6. pemalu 

Kalau kalian ingin tahu, saya adalah tipe orang yang "moodyan" . bisa tiba-tiba seneng atau langsung bete tanpa ada sebab yang jelas, kalau lagi kumat cenderung gapedulian sama lingkungan sekitar gitu . heheheh *ett jangan ditiru ya gabagus -__- . 
"pemalas" disini sih malasnya kadang-kadang ya, cotohnya belajar gitu, atau suruh beresin kamar, atau malas kalo disuruh-suruh. 
"tidak percaya diri" eh tau gak sih, aku tipe orang yang gapercaya dirian , nih ada salah satu masalah yang belum bisa move on dari dulu sampe sekarang, gapercya diri buat belajar bahasa inggris, bisa dibilang o'on gitu ya wkwkwk.. suka takut aja gitu kalau ada guru masuk kelas, bawaannya panas dingin. yaelahh-_-
"keras kepala" ini nih, sifat negatif yang susah buat diilangin. karena aku cenderung ngikutin hati sih dari pada kata orang lain. padahal kata hati juga belum tentu benar kan yee.
"mudah gugup" ya begitu deh, kalau udah suruh berdiri depan orang banyak bawaannya gugup, ngomong aja a i u e o. paling susah dan gaberani natap mata. wkwk
"pemalu" aku orangnya maluan , tapi ga malu-maluin kok hahaha


nah, itu dia hal positif dan negatif yang ada dalam diri yang bisa dirasakan. positifnya aja ya yang dicontoh. hehehe negatifnya buang jauh-jauh -_-

ettts, ternyata apa yang kita liat dalam diri kita sendiri, belum tentu sama dengan pendapat atau sepenglihatan orang lain loh. jadi, waktu itu aku nanyain kan ketemen, sifat positif dan negatif yang bisa dia liat tentang aku. nah jawabannya dia hanya beberapa yang benar. 
   - positif
      1. dewasa
      2. peka
      3. mandiri 
  - negatif 
      1. moody 
      2. pemalas
      3. keras kepala 
      4. pemalu
konsep diri merupakan sesuatu yang dibentuk, bukan ada secara otomatis, seiring dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan individu. Oleh karenanya, pembentukan konsep diri berkaitan erat dengan lingkungan dimana individu hidup dan beraktivitas. Dengan kata lain, lingkungan berpengaruh besar terhadap pembentukan konsep diri.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/atonimeto/pentingnya-konsep-diri_54f5f32fa33311d87c8b4701


Nah , disini aku kan menyusun menurut teori Johari Windows

Diri Terbuka                                          Diri Buta

-positif                                                         -positif
1. dewasa                                                       1. pintar
2. mandiri
3. peka 
-negatif                                                        -negatif
1. moody                                                        1. tega
2. pemalas                                                     2. gapedulian
3. keras kepala
4. pemalu

 Diri Tersembunyi                               Diri Gelap
 -positif
1. penolong
2. terbuka
3. bersahabat                                                      -----
4. mudah gugup
5. tidak percaya diri


 Jadi kita bisa lihat kita cenderung masuk ke A ATAU B

Aku cenderung masuk ke B
" adalah individu yang terbuka terhadap dunia sekelilingnya, potesnsi diri disadari, perasaan dan pikirannya terbuka untuk pengalaman - pengalaman hidup yang menyedihkan dan menyenangkan , pekerjaan , dan sebagainya. ia lebih spontan dan bersikap jujur dan apa adanya pada orang lain. "






Dimension of self-concept

- knowledge " who i am ?" 
kurang lebihnya sudah saya gambarkan lewat pembahasan diaatas ya ^_^
- expectation " who or what do i want to be ?"
saya sendiri ingin menjadi manusia yang dapat terus berkembang menjadi lebih baik dari sebelumnya. dengan segala pengalaman yang telah dilewati
- social self " how person perceived by others ?"
tunjukan pada orang lain kamu menikmati dirimu sendiri  .
- self evaluation " how well do i like myself ?" 
lakukan yang terbaik, jangan dengarkan orang lain yang hanya menggangu hidupmu  , terus melangkah . dan be yourself



 1.pengetahuan yang  cukup untuk merubah dan mengembangkan potensi pada diri saya
2. mempermudah pekerjaan yang saya akan kerjakan .
3. sikap yang memiliki tanggung jawab penuh atas suatu pekerjaan yang saya pilih.
4. karakter pribadi yang cukup baik namun butuh pengembangan agar memperkecil karakter negatif pada diri  saya, dan menciptakan sesuatu hal yang dapat menghasilkan potensi-potensi dalam dunia kerja.



terimakasih saya ucapkan kepada web yang telah menunjang penulisan ini :
http://www.slideshare.net/wicaksana


see you  .. 
makasih udah mampir ke blog aku ya . ^_^









konsep diri merupakan sesuatu yang dibentuk, bukan ada secara otomatis, seiring dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan individu. Oleh karenanya, pembentukan konsep diri berkaitan erat dengan lingkungan dimana individu hidup dan beraktivitas. Dengan kata lain, lingkungan berpengaruh besar terhadap pembentukan konsep diri.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/atonimeto/pentingnya-konsep-diri_54f5f32fa33311d87c8b4701

Tidak ada komentar:

Posting Komentar