Jumat, 30 September 2016

what do you think about professionalism ?

 welcome  back to  my blog ^_^

Banyak orang yang sering menyinggung mengenai proffesionalisme , lalu apa itu proffesionalism?
proffesionalism adalah sikap disiplin dalam profesi yang mendorong seseorang untuk bersikap tepat dan sesuai keadaan dan memiliki kemampuan yang memadai.

 proffesional dalam dunia industri itu sangat-sangat dibutuhkan, mengapa demikian ? sesuatu kegiatan atau pekerjaan  dengan tidak memiliki rasa professionalisme yang tinggi, pekerjaan yang mereka lakukan tidak akan berjalan dengan semestinya.

Prinsip-prinsip perilaku profesionalisme :
a. Tanggung jawab
b. Kepentingan publik
c. Integritas
d. Obyektifitas dan Independent
e. Kecermatan dan keseksamaan
f. Lingkup dan sifat produk jasa

Tidak semua orang mampu professional dalam pekerjaannya, lalu apakah sebagaian dari kalian sudah menerapkan rasa professionalisme tersebut?

Bila salah satu dari kalian tergabung dalam suatu organisasi yang mengharuskan kalian datang mengikuti rapat penting, sedangkan ibu kalian sedang ulang tahun dan merayakan makan-makan diluar. manakah yang paling anda prioritaskan ?sebagian dari kalian mungkin akan memilih pernyataan yang kedua,  Apapun alasannya kalian tidak termasuk orang-orang professional, bayangkan kalian adalah orang-orang yang seharusnya berperan penting didalam organisasi tersebut yang anggota-anggota kalian membutuhkan pemikiran anda untuk satu tujuan tapi kalian mengesampingkannya.

Rasa professional itu ada dalam diri masing-masing orang, kepekaan atas tanggung jawablah yang mendasari itu semua.


7 Strategi atau cara menjadi seorang yang profesional: 
1. Kembangkan keahlian (Expert)  
2. Mahir membangun hubungan (Relationship)  
3. Tingkatkan kemampuan berkomunikasi (Communicator)  
4. Hasilkan yang terbaik (Excellent)  
5. Berpenampilan menarik (Good Looking)  
6. Kehidupan yang seimbang (Balance of life)  
7. Memiliki nilai moral yang tinggi (Strong Value)

Beberapa cara meningkatkan professional dalam bekerja 
 1. Menyapa Seorang
 rekan pernah mengajarkan kepada saya bahwa untuk menunjukkan bahwa kita adalah orang yang serius dalam membangun hubungan pekerjaan adalah ketika sedang berjabat tangan dengan seseorang, jabatlah dengan lebih erat.
2. Menunjukkan rasa terima kasih .
Saat kita mendapatkan sesuatu, apakah itu bantuan atau hadiah kecil, tunjukkan rasa terima kasih. Dengan ucapan terima kasih yang baik dan tulus, akan memberikan aura positif kepada orang yang telah memberikan bantuan kepada kita. Datanglah kepada orang lain tersebut meski tidak kita kenal untuk mengucapkan terima kasih atas bantuannya.
3. Ucapkan Tolong
Hal kecil ini paling sering dilupakan. Apalagi bila posisi Anda adalah orang yang lebih tinggi. Meski dengan karyawan maupun dengan rekan sendiri, akan lebih baik bila setiap permintaan yang akan membuat mereka mengeluarkan tenaganya, kita selipkan kata Tolong. Dengan mengucapkan kata Tolong, kita sudah menghargai bantuannya didepan. Kita mengerti bahwa setiap orang memiliki kesibukannya sendiri sehingga ada baiknya bila mengucapkan Tolong, agar mereka tidak merasa terganggu dengan permintaan kita.


terimakasih kepada http://www.kikasyafii.com/ciri-ciri-sikap-profesional-dan-meningkatkannya/ yang telah saya jadikan bahan referensi penulisan ini .

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar