Jumat, 09 September 2016

materi psikologi pelayanan

           Hallo sobat, jadi kali ini aku akan ngereview keseluruhan materi yang udah disampaikan oleh dosen mata kuliah "Psikologi Pelayanan" dan ini juga sebenernya adalah salah satu tugas aku hehehe .. siapa tau kalian lagi butuh suatu referensi tentang psikologi pelayanan kan.

Nahh.. kalian sebenernya tau gak sih,,
apa itu Psikologi?
jadi, kata Psikologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Psychology , dan Psychology sendiri adalah gabungan dari kata Psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan Logos berarti ilmu. 
 Selanjutnya, apa itu Pelayanan
Pelayanan adalah  suatu proses interaksi seseorang untuk memenuhi segala apa yang diperlukan orang lain, baik tamu/pelanggan/pasien/pegawai dsb. Jadi, Psikologi Pelayanan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari sikap dan tingkah laku manusia pada suatu interaksi seseorang di dunia industri jasa pelayanan. 

Lalu mengapa ? sebuah Pelayanan menjadi salah satu komponen terpenting  pada dunia kepariwisataan. 
karena pelayanan adalah aspek yang berpengaruh cukup besar untuk keberhasilan wisata itu sendiri dengan memenuhi kebutuhan dan menciptakan sebuah kepuasaan pada wisatawan/pengunjung. 

Pelayanan sebagai komponen produk wisata antara lain : 
  1. Aksesbilitas yaitu kemudahan dalam memperoleh atau mencapai tujuan wisata seperti organisasi kepariwisataan (travel agent)
  2. fasilitas wisata
  3. aktivitas wisata
  4. objek 
  5. daya tarik indonesia 
seluruh komponen ini harus berjalan seimbang. Mengapa demikian? karena bila salah satu komponen tidak ada, bagaimana mungkin industri pariwisata akan berjalan. 

Beberapa tantangan pariwisata untuk dapat berkembang di Indonesia
  1. mulai munculnya MEA
  2. potensi indonesia yang  belum dapat dimanfaatkan dengan maksimal. 
  3. belum banyaknya budaya indonesia yang ter expose
  4. sejarah bangsa tidak menjadi perhatian 

Pentingnya Psikologi 
         Dengan mempelajari psikologi kita dapat mengetahui atau bisa lebih paham bagaimana kita bertingkah laku/ berinteraksi terhadap orang lain .  

Ruang lingkup Psikologi
           Ada 3 aktivitas dalam ruang lingkup Psikologi sebagai berikut 
  • Aktifitas kognitif  adalah aktifitas yang lebih menggunakan kerja otak. contoh : mengingat, mengkategorikan, menciptakan dan berfantasi(menghayal). 
  • Aktifitas afektif  adalah aktifitas yang lebih mengandalkan perasaan . contoh : marah, nangis, emosional , dan gembira
  • Aktifitas Psikomotoris adalah aktifitas yang menggunakan kerja organ manusia. contoh : menendang, berlari , menepuk , dan berjalan . 
Tujuan setiap orang untuk belajar memahami psikologi 
  1. kita mampu memahami bagaimana kita bersikap dan bertingkah lalu  . contoh : jika kita bertemu dengan costumer yang tidak sabar. sikap yang seperti apa untuk menangani orang tersebut.
  2.  memprediksi prilaku seseorang . contoh :jika seseorang mukanya lagi engga enak berarti dia lagi ada masalah . sebelum kita bertanya, kita sudah tau terlebih dahulu. dan sebaiknya jangan diganggu.
  3. mengubah prilaku , dengan belajar psiklogi kita mampu berubah prilaku buruk menjadi baik . meskipun butuh waktu yang cukup lama. 
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan sebuah pelayanan 
  1. menciptakan citra positif terhadap banyak orang 
  2. pastikan kita mengerti lebih dulu karakteristik pelanggan 
  3. belajar memahami pelanggan
PELAYANAN = SERVICE 
setiap huruf memiliki makna sebagai berikut

S : smile for everyone 
E : excellent in everything we do 
R : reaching out to every guest with
V : viewing every guest as special
I : inviting guest to return
C : controling is very important
E : eye contact that shows we care 
 
Faktor pembentuk prilaku manusia  
  1.  lingkungan 
  2. genetik
  3.   pendidikan
  4. pengalaman 
Abraham Maslow's Herarchy of needs
  1. self actualizanon
  2. esteem
  3. love
  4. safety 
  5. physiological
Social Motives ada 3 
  1. power : jadi disini manusia yang cenderung ingin jauh menjadi yang terbaik dari yang lain.
  2. Achievment : manusia pada kategori ini hanya fokus pada pencapaian apa yang dia inginkan .
  3. Affliation : manusia pada kategori ini tidak perduli atas pencapaian dan keinginannya, hanya saja dia membutuhkan teman disampingnya.
Nah, disini aku akan kasih pengalaman aku sama kalian sahabat bloggers, aku paham banget seberapa pentingnya kita untuk memahami dan pempelajari arti pelayanan dengan benar. mengapa demikian? karna waktu itu aku pernah ke salah satu mall dan masuk ke sebuah toko sepatu, jadi aku liat-liat sepatu  dan  ternyata respon penjaganya sangat kurang mengenakan dengan raut wajah yang asem serta nada bicara yang ketus. setelah itu aku gapernah mau kesana lagi. so kesimpulannya, pelayanan yang buruk akan menghasilkan hasil yang buruk juga. kalau pada kejadian ini , pelanggan jadi enggan kembali.
finish .. hehehe
p.s : beberapa referensi aku dapetin dari slide dosen aku dan beberapa blog lain.
link :  http://www.slideshare.net/wicaksana/psikologi-pelayanan-52811197
          http://www.sandywarman.com/2014/10/jenis-dan-ciri-produk-dari-obyek-wisata.html

Terimakasih udah mampir ke blog aku ^_^ see you

kalau ada kritik dan saran  kalian bisa langsung koment dibawah . :)

2 komentar: